TRIANDA SURBAKTI

2301100900056

PERIKANAN A

UTS MIKROBIOLOGI

  1. 1. Sebutkan dan jelaskan tiga tahapan utama yang harus Saudara lakukan untuk mengetahui jenis suatu mikroba!

1. Inokulasi

Inokulasi adalah penanaman mikroba yang dilakukan secara aseptic kedalam media steril. Semua pekerjaan mikrobiologi harus dikerjakan secara aseptic. Atau dengan kata lain harus steril.

Cara inokulasi :

* Media cair : mengggunakan pipet Pasteur atau dengan jarum ose bundar.

* Plat agar : menggores zig zag dengan jarum ose bundar.

* Media padat : menggores denganjarum ose bundar untuk bagian miring, menusuk dengan jarum ose lancip untuk bagian tegak.

2. Inkubasi

Inkubasi adalah suatu teknik pengisolasian suatu mikroba atau mikroorganisme agar mendapatkan mikroba yang diinginkan atau dibutuhkan, dengan kata lain inkubasi ini digunakan agar mendapatkan mikroba yang sesuai, dan dari mikroba yang di inkubasikan dapat kita peroleh data mikroba tersebut.

Media inkubasi digolongkan menjadi 2 jenis :

1. Pada lemari biasa atau suhu kamar,

2. Pada incubator yang suhunya dapat di tentukan.

3. Identifikasi

Identifikasi adalah suatu cara agar dapat mengetahui mikroba atau mikroorganisme dengan banyak hal diantaranya yaitu berdasarkan identifikasi kimiawi, fisiologis, dan biologis dari objek (mikroba).

2. Berdasarkan tujuannya, media kultur dibagi menjadi tujuh jenis.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan media diperkaya.

Media diperkaya adalah diambil dari pembahasan katanya, media adalah suatu medium atau perantara yang digunakan untuk menyalurkan sesuatu. Dan diperkaya adalah suatu pengkayaan (enriched) atau penambahan sesuatu agar objek yang berkembang dengan baik dan cepat, atau dengan kata lain pemberian sesuatu yang sesuai kepada objek agar dapat bertumbuh dan berkembang maksimal.

3. Sebutkan dan jelaskan empat tahapan pertumbuhan mikroba. Tahapan mana yang banyak digunakan dalam pengawetan maupun pengolahan hasil perikanan?

1. Fase Adaptasi

Fase ini muncul pada saat awal pertumbuhannya, mikroba belum dapat membelah tetapi terjadi peningkatan sistem metabolik dapat tubuh bakteri seperti sintesa protein.

2.Fase Eksponensial

Fase ini ditandai dengan penambahan jumlah atau volume dari mikroba yang dapat dengan jelas dilihat perubahannya. Dalam fase ini terjadi pembelahan dan waktu regenerasi pada waktu yang bersamaan.

 

 

3.Fase Stasioner

Fase ini ditandai dengan tidak adanya perubahan dalam koloni mikroba tersebut, karena dalam fase ini terjadi penambahan jumlah mikroba yang membelah sebanding dengan jumlah kematian. Fase ini cenderung statis, maka itu dinamakan stasioner yang seperti tali, yang datar dan tak ada perubahan yang berarti.

4. Fase Kematian

Pada fase akhir ini tidak ditandai adanya bakteri yang membelah atau dengan kata lain mikroba mengalami kematian atau perhentian dari daur hidupnya.

Tahapan yang paling banyak digunakan dalam pengawetan maupun pengolahan hasil perikanan menurut saya ada pada saat fase adaptasi, karena pada saat ini merupakan fase yang paling cocok dengan pengawetan ikan. Agar pengawetan ikan maksimal adalah dengan mencegah pertumbuhan dan perkembangan mikroba mebeludak, disatu sisi harus dengan cepat disiapkan media agar dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan mikroba tersebut yang dengan banyak hal.

4. Sebutkan dan jelaskan mahluk hidup yang termasuk kedalam golongan mikroba?

 

– Bakteri

Bakteri merupakan organisme yang memiliki morfologi bentuk tubuh dasar yang pada umumnya mirip satu sama lain dengan struktur tambahan yang berbeda-beda.

A. Struktur Dasar Bakteri :
1. Dinding Sel
2. Membran Plasma
3. Sitoplasma / Cairan Sel
4. Ribosom
5. Granula – Penyimpanan cadangan makanan

Selain bagian-bagian pokok sel bakteri juga terdapat tambahan seperti :
1. Flagell / alat gerak untuk melakukan pergerakan.
2. Klorosom – Pada bakteri yang melakukan fotosintesis.
3. Vakuola – Gas pada bakteri yang hidup di air.
4. Plus & Fimbria – Rambut halus pada dinding sel.
5. Lapisan Kapsul / Lendir – Lapisan yang melapisi tubuh bakteri.
6. Endospora – Bakteri masa dorman yang mati suri yang dapat bengkit kembali dalam kondisi yang menguntungkan.

– Jamur

Karakteristik dari Fungi :

–          EUKARIOT

–          Hifa

–          Multiseluler dan uniseluler     

–          Heterotrof

–          Pseudophyta

–          Dinding sel terdiri dari glucans,khitin

–          Dinding tidak mengandung selulosa

–          Tidak dapat bergerak

– Khamir

Khamir merupakan jenis jamur UNISELULER. Istilah khamir umumnya digunakanuntuk bentuk-bentuk yang menyerupai jamur dari kelompok Ascomycetes yang tidakberfilamen tetapi uniseluler berbentuk ovoid atau spheroid. Bentuk khamir dapat sperikalsampai ovoid, kadang dapat membentuk miselium semu. Ukuran juga bervariasi. Strukturyang dapat diamati meliputi dinding sel, sitoplasma, vakuol air, globula lemak dan granula. Kebanyakan khamir melakukan reproduksi secara aseksual melalui pembentukan tunas secara multilateral ataupun polar. Reproduksi secara seksual menghasilkan askospora melalui konjugasi dua sel atau konjugasi dua askospora yang menghasilkan sel anakan kecil. Jumlah spora dalam askus bervariasi tergantung macam khamirnya.

– Virus

Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis.Virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.

– Protozoa

Protozoa adalah mikroorganisme menyerupai hewan yang merupakan salah satu filumdari Kingdom Protista. Seluruh kegiatan hidupnya dilakukan oleh sel itu sendiri dengan menggunakan organel-organel antara lain membran plasma, sitoplasma, dan mitokondria.

Ciri-ciri umum :

1.Organisme uniseluler (bersel tunggal)

2.Eukariotik (memiliki membran nukleus)

3.Hidup soliter (sendiri) atau berkoloni (kelompok)

4.Umumnya tidak dapat membuat makanan sendiri(heterotrof)

5.Hidup bebas, saprofit atau parasit

6.Dapat membentuksi st a untuk bertahan hidup

7.Alat gerak berupa pseudopodia, silia, atau flagela

– Inert

Belum diketahui apa kegunaannya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: