SIKLUS MASSA AIR – DAERAH PENANGKAPAN IKAN –


TRIANDA SURBAKTI

230110090056

PERIKANAN  A

TUGAS DAERAH PENANGKAPAN  IKAN

SIKLUS MASSA AIR

Siklus adalah suatu perputaran dari awal ke akhir dan dari akhir ke awal. Massa air adalah suatu kumpulan dari partikel-partikel yang membentuk suatu komponen yang bergerak dengan bersinergi pada suatu perairan. Jadi ketika kita menggabungkan antara siklus dengan massa air, maka siklus massa air adalah suatu pergerakan massa air pada suatu perairan.

Pergerakan massa air terbagi menjadi 2 macam yakni ; shallow current (arus atas), dan deep current (arus bawah). Ketika kita berbicara arus atas dan bawah menghasilkan suatu arus yang bergerak dan ini mengakibatkan suatu siklus atau perputaran.

Berikut adalah gambaran siklus dari massa air :

Gb. Siklus massa air

Dari gambar diatas dapat di ambil suatu gambaran bahwa shallow current (arus atas) mengalir dari samudera pasifik ke samudera hindia ke samudera artic dan berakhir disana beralih ke deep current dari samudera artic ke samudera atlantik dan menuju ke kubub selatan. Pada peralihan ke kutub selatan air deep current tepecah menjadi dua arah yakni ke kutub selatan dan ke arah samudera hindia. Ketika di samudera hindia air dari deep current (arus bawah) beralih ke shallow current (arus atas) dan berputar (bersiklus) seperti biasa lagi. Ketika pada dua jalur tersebut air dari kutub selatan mengalir ke samudera pasifik dan dari samudera pasifik bersiklus lagi menjadi shallow current (arus atas).

Dapat diambil kesimpulan dari siklus massa air yang telah dianalisa adalah sebagai berikut :

1. Ada indikasi pada perputaran dari deep current (arus bawah) ke shallow current (arus atas) terjadi upwelling kalau digambar terjadi pada samudera hindia dan samudera pasifik.

2. Ada indikasi pada perputaran dari shallow current (arus atas) ke deep current (arus bawah) terjadi downwelling kalau digambar terjadi pada samudera artic.

3. Perbedaan temperatur sangat berpengaruh pada perputaran atau siklus air, terbukti pada daerah lintang kecil terjadi arus bawah (deep current) dan pada lintang besar terjadi arus atas (shallow current), jika kita menganalisa yang terjadi adalah salinitas, karena salinitas akan mengendap pada suhu yang bertemperatur dingin.

4. Faktor yang sangat berperan pada siklus massa air adalah pergerakan massa jenis air (densitas air) dan pergerakan angin. Dari densitas air dapat dijabarkan lagi misalnya adalah salinitas air, kadar garam,dan lain-lain.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: