MEDIA SELEKTIF DALAM INOKULASI – MIKROBIOLOGI –


Jelaskan apa yang saudara ketahui mengenai media selektif !

Media selektif (selective medium) / media penghambat adalah suatu media yang ditambah zat kimia tertentu yang bersifat selektif untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme lain sehingga dapat mengisolasi mikroorganisme tertentu, dalam pengaplikasiannya media selektif digunakan agar didapatkan mikroorganisme yang diinginkan atau yang dibutuhkan si peneliti, misalnya media yang mengandung kristal violet pada kadar tertentu, yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri gram positif tanpa mempengaruhi bakteri gram negatif.

Media ini selain mengandung nutrisi juga ditambah suatu zat tertentu sehingga media tersebut dapat menekan pertumbuhan mikroorganisme lain dan merangsang pertumbuhan mikroorganisme yang diinginkan. Dalam bidang industri yang berkaitan erat tentang mikroorganisme, medis selektif ini sangat sering digunakan pengaplikasiannya, karena dari segi finansial,  keefisienan, dan keefektivitasannya sangat berarti bagi mereka. Mari kita uraikan satu persatu. Dari segi finansial, industri dapat menghemat biaya opersional mereka, daripada mereka membeli mikroorganisme yang sangat mahal harganya lebih baik mereka kembangkan sendiri mikroorganisme itu agar dapat dikembangkan.  Dari segi efesienitas, mereka dapat menghemat  waktu pendistribusian produk mereka, dan dapat menekan harga prosuksi sehingga produk mereka murah dan dapat diterima pasar. Dari segi efektif, mikroorganisme yang dibudidayakan dengan media selektif ini dapat dengan di budidayakan dengan kemauan kita sendiri, artinya industri dapat memproduksi suatu produk yang berguna bagi masyarakat dengan pembudidayaan mikroorganisme mereka dan dari angka gizi mereka dapat bersaing dengan produk lain yang sama jenisnya. Ini adalah pendeskripsian bagaimana pentingnya media selektif dalam dunia industri.

Tidak lengkap apabila dideskripsian media selektif apabila tidak ada pengaplikasian nyata dari media selektif itu sendiri. Contohnya adalah Luria Bertani medium yang ditambah Amphisilin untuk merangsang E.coli resisten antibotik dan menghambat kontaminan yang peka, Ampiciline Salt broth yang ditambah NaCl 4% untuk membunuh Streptococcus agalactiae yang sangat toleran terhadap garam. Media ini dipakai untuk menyeleksi mikrorganisme sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan, jadi hanya satu jenis mikrorganisme saja yang dapat tumbuh dalam media ini atau hanya satu kelompok tertentu saja dalam medium.

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam membuat media adalah :
1. Mencuci tangan dan rambut sebelum praktikum.
2. Menggunakan jas lab dan sarung tangan yang steril.
3. Sebelum dan sesudah praktikum meja kerja dan tangan disemprotkan alkohol 70%.
4. Menggunakan alat dan bahan yang sudah disterilkan.
5. Tidak banyak bercanda dan berbicara saat praktikum berlangsung.
6. Menggunakan masker.
7. Bekerja didekat zona steril (pembakar spirtus).

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: